Senin, 10 Januari 2011

Seorang tentara Rusia tewas dan enam lainnya luka-luka dalam sebuah serangan yang dilancarkan oleh pejuang Chencen di ibukota Grozny, Checnya pada hari Ahad (9/1) kemarin.

Pihak keamanan setempat mengatakan, bahwa seorang pria Chechnya bersenjata melepaskan tembakan dari mobil mereka ke arah sebuah pos pemeriksaan di distrik Leninsky Grozny pada hari Ahad sore waktu setempat.

Kantor berita Interfax mengabarkan, perwakilan resmi Rusia dari investigasi panitia khusus Rusia untuk Republik Chechnya membenarkan akan adanya serangan itu. Mereka mengatakan, bahwa seorang tentara Rusia tewas dan 6 lainnya cedera, mereka telah dibawa ke rumah sakit untuk menerima pengobatan.

Setelah perang pertama di Chechnya (1994-1996) aktivitas bersenjata di Chechnya secara bertahap terus meningkat mengarah ke kekuatan pergerakan Islam hingga menembus batas teritorial Chechnya. Pertengahan dekade ini bangkitnya gerakan Islam merata di seluruh kawasan Kaukasus Utara.

Negara-negara pecahan Rusia di wilayah Selatan hampir setiap harinya melancarkan serangan dan penyergapan terhadap para penjajah Rusia, saat ini para pejuang Cencen dikabarkan memiliki misi besar, yaitu mengusung berdirinya negara Emirat Islam Kaukasus. (msy/im)


0 komentar:

Posting Komentar